Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu vitamin yang di perlukan oleh tubuh manusia. Dalam keadaan normal, tubuh memerlukan 50 mikrogram asam folat. Jika dalam sehari asam folat yang diserap tubuh kurang dari 50 mikrogram, maka dalam 4 bulan, ia akan terkena defisiensi asam folat ini.
Kebutuhan asam folat akan meningkat selama kehamilan. Bisa mencapai 800 mikrogram hingga 1 miligram per harinya.Selain itu, kebutuhan asam folat juga meningkat pada bayi, anak-anak, dan remaja, serta pada penderita penyakit tertentu, seperti kanker dan beberapa penyakit kulit.

Berikut ini adalah beberapa makan yang mengandung asam folat, 

Kacang-kacangan
Sudah sejak lama diketahui bahwa kacang adalah sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral, Vitamin B, dan karbohidrat komplek.

Brokoli
Termasuk dalam  golongan kubis-kubisan yang bisa membantu proses penyembuhan orang yang menderita sakit Selain itu, juga dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker.

Bayam
Dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram.

Alpukat
Buah yang satu ini juga dikenal sebagai bahan yang baik untuk kecantikan. Baik di konsumsi langsung ataupun dibuat masker karena mengandung vitamin E yang mampu menetralkan radikal bebas dan menekan risiko infeksi, juga membantu produksi antibodi secara alami dengan kandungan vitamin B-nya. Buah ini juga mengandung omega -6.

Jeruk
Buah ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi  di samping itu juga dapat membantu memenuhi 20% kebutuhan asam folat sehari-hari.

Strawberi
Delapan buah strawberi mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol yang setara dengan 7,5 % kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Karena itu, pilihan tepat menjadikan strawberi sebagai cemilan.

Pisang
Mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu hamil. Karena, dalam dua buah pisang terkandung 58 mikrogram asam folat yang berarti telah memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh.

Gandum dan Susu
Gandum dan susu  memiliki asam folat yang cukup tinggi, terutama susu khusus untuk ibu hamil. Tahun 1996 Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan peraturan untuk menambahkan asam folat pada roti, sereal, tepung, serta makanan yang terbuat dari jagung, pasta, beras dan produk biji-bijian lainnya.

Telur
Asam folat terdapat pada putih telur. Dan lebih banyak terkandung dalam putih telur bebek ketimbang putih telur ayam.

Hati sapi
Panganan yang satu ini mengandung Vitamin A dan juga asam folat namun sayang, ternyata hati sapi tidak diajurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...