10 Makanan terbaik untuk otak

Kita semua pernah mendengar “you are what you eat” atau “Anda adalah apa yang Anda makan”. Makanan yang bergizi dan seimbang tentu saja baik untuk tubuh kita, terutama untuk bagian yang paling penting dalam tubuh kita, yaitu Otak. Berikut adalah daftar 10 makanan yang terbukti meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

1. Oysters / Kerang / Tiram

Jika anda hobi makanan laut, tentu anda suka menyantap tiram. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa tiram sangat bermanfaat untuk otak Anda. Tiram kaya akan mineral seng serta zat besi, yang sangat membantu dalam menjaga daya ingat tetap tajam dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat informasi dengan mudah. Seng dan besi telah dikaitkan dengan kemampuan otak untuk tetap fokus dan mengingat informasi. Kekurangan seng dan besi dapat mengakibatkan penyimpangan memori, konsentrasi yang buruk, dan  penyakit lain di seluruh tubuh.

2. Whole Grains / Biji-bijian

Diantaranya beras merah, oatmeal, roti whole grain, gandum, dll. Makanan ini bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti sangat menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak. Biji-bijian ini mengandung banyak vitamin B6, yang penuh dengan tiamin. Tiamin sangat bagus untuk siapa pun yang berusaha untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa hilangnya memori meningkat secara dramatis pada saat mencapai akhir 60 tahun atau pada awal 70 tahun, mengkonsumsi biji-bijian sangat baik bagi kesehatan saat menjelang tua.

3. Tea / Teh Hijau

Bagi anda yang gemar minum kopi di pagi hari, cobalah untuk mengganti kopi anda dengan secangkir teh. Teh hijau atau teh hitam sangat bermanfaat bagi otak karena mengandung catechin. Jika anda pernah mengalami hari di mana anda merasa lelah, letih, dan terlalu malas untuk berpikir? Mungkin problem seperti ini karena kekurangan catechin di dalam otak . Catechin bermanfaat untuk menjaga daya ingat tetap tajam, segar, dan otak berfungsi dengan baik. Selain itu juga memungkinkan untuk lebih rileks dan membantu untuk memerangi kelelahan mental. Teh hijau jauh lebih kuat daripada teh hitam, keduanya sangat baik untuk otak.

4. Eggs / Telur

Ketika kita semakin tua, otak kita mulai menyusut karena sesuatu hal yang disebut atrofi otak. Namun, kita bisa melawan proses alamiah ini dengan rutin memakan telur. Hal ini karena telur mengandung banyak vitamin B12 serta lesitin. Vitamin B12 membantu melawan penyusutan otak, yang sering terlihat pada penyakit Alzheimer. Telur, meskipun sangat tidak sehat jika di konsumsi terlalu banyak, karena penuh dengan asam lemak esensial. Kuning telur, meskipun sangat tinggi kolesterol, tap juga tinggi kolin, yang merupakan zat pembangun sel otak. Kolin dapat membantu meningkatkan daya ingat.

5. Curry / Rempah-rempah

Rempah-rempah sangat beragam dan tidak terbatas hanya pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Rempah-rempah ini sangat bermanfaat untuk menjaga otak tetap segar. Sebagai bahan utama bubuk kari, curcumin penuh antioksidan yang membantu melawan penuaan otak dan memelihara fungsi kognitif saat usia bertambah. Antioksidan juga berjuang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi di dalam otak serta tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan penyakit lain dalam tubuh. Rempah - rempah tidak hanya baik untuk otak, tapi juga dapat melawan diabetes dan penyakit jantung.

6. Berries / Buah Berry

Blueberry sangat baik dalam meningkatkan keterampilan motorik serta kemampuan belajar secara keseluruhan. Kebanyakan berry, termasuk blackberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain, penuh dengan antioksidan dan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak. anda dapat membantu mengembalikan efek penuaan pada otak dengan mengkonsumsi buah ini sekali sehari. Berry, kebanyakan mengandung fisetin dan flavenoid, yang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat dan memungkinkan anda untuk mudah mengingat peristiwa masa lalu.

7. Nuts and Seeds / Kacang-kacangan

Cemilan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Seperti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji labu, biji bunga matahari, dan jenis lain kacang atau benih yang bisa Anda pikirkan, baik untuk otak Anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan anda untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu anda berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung tiamin dan magnesium, yang sangat baik untuk daya ingat, dan fungsi kognitif otak.

8. Leafy Green Vegetables / Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kubis, katuk, bayam, dan lain-lain, sangat baik untuk otak bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sayuran ini sangat membantu ketika harus mengingat informasi lama dan proses yang baru di pelajari kemarin. Hal ini karena makanan ini penuh dengan vitamin B6, B12, dan folat, yang merupakan senyawa  penting yang diperlukan di dalam otak untuk mendobrak tingkat homocystein, yang dapat mengakibatkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini sebagian besar  mengandung zat besi yang tinggi. Jadi membiasakan anak-anak mengkonsumsi sayuran hijau sangat baik untuk mempertajam daya ingatnya.

9. Fish / Ikan

Ikan secara keseluruhan sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk otak . Ikan penuh dengan Omega-3, yang merupakan asam lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek. Makan satu porsi ikan seminggu dapat mengurangi satu peluang untuk mendapatkan penyakit Alzheimer. Asam lemak ini membantu  fungsi otak karena mereka melapisi neuron yang kadang-kadang memiliki lapisan asam lemak kaku karena kandungan yang tinggi dari kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Omega-3 akan melapisi neuron dengan lemak baik, yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di seluruh otak. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama. Ikan terbaik untuk kesehatan otak adalah ikan salmon, tuna, dan ikan haring.

10. Chocolate / Cokelat

Minum cokelat panas setiap hari, selain lezat, coklat sangat bergizi untuk otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...